Tuesday, May 19, 2009

Penuh Ide dan Kreatif: Panduan Utama Membuat Musik untuk Anak Usia Dini

Membuat musik atau lagu untuk anak usia dini bukanlah suatu tugas yang benar-benar sulit atau juga mudah. Seperti hal-hal lain yang diperuntukkan bagi anak usia dini, lagu yang akan kita sajikan pada mereka jugalah harus hati-hati kita pilih.
Namun ke'hati-hati'an ini perlu kita tindaklanjuti dengan kesenangan dan juga kesederhanaan. Hal ini dimungkinkan karena rangsang musik secara natural menyenangkan dan tidak merugikan. Sifatnya lebih menghibur daripada menghancurkan :)

Jadi, sisanya adalah kebijaksanaan kita untuk memilih (tidak perlu menciptakan yang benar-benar baru...) kata-kata, melodi-melodi, ritme-ritme yang bisa sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan bersama anak kita.
"Ini sih bukan kreatif... kan lagu-lagunya juga sudah ada... gak bikin sendiri" Betul, di sini kita memperlakukan kreativitas dalam cara yang agak berbeda daripada cara yang 'biasa' digunakan utnuk mengukur 'kreativitas' sebuah karya seni. Musik dan/atau lagu untuk anak usia dini merupakan musik yang banyak sekali persamaannya dengan musik folk/ musik rakyat. Musik/ lagu yang sebagian besar/ utamanya adalah untuk dinyanyikan bersama-sama, yang oleh karenanya memang tidak menyediakan banyak elemen 'surprise' (agar bisa dieksekusi bersama-sama tanpa harus ada banyak ketentuan yang tak umum). Semua orang 'pasti' tahu lagu "Burung Kakatua" yang ternyata mirip benar dengan lagu "Topi Saya Bundar". Keunikan cara penyampaian, situasi, cara menampilkan, mood yang menyertainya bisa jadi adalah 'takaran' kreativitas penyajian lagu untuk anak usia dini.

Berikut ini adalah tiga lagu yang dibuat oleh mas Ibut dan mbak Anyi untuk mengajar, melatih, dan mengantar anak beraktivitas. Mungkin lagu ini bisa memberi semangat dan menginspirasi kita untuk secara sederhana bermusik dalam kehidupan kita, yang syukur-syukur dapat kita wariskan kepada generasi di bawah kita :)



AYO MAKAN (R. Cahyono/ K. Adistiana)
penyanyi: Sasha Karina Tutupoly



AYO MANDI (R. Cahyono/ P. B. Adi/ K. Adistiana)
penyanyi: Sasha Karina Tutupoly



ADIK BOBO (R. Cahyono)
penyanyi: Sasha Karina Tutupoly


Mari bermusik dengan suasana sederhana untuk anak-anak kita :)

2 comments:

Eejal said...

Hi VMP,

Saya, entah begimana dapet lagu2 Anda. It's beautiful, saya yang seharusnya diluar target audience-pun menikmatinya... hahaha.

Anyway, saya tertarik untuk memiliki lagu2 Anda... boleh saya minta informasi bagaimana saya bisa mendapatkannya? untuk anak saya yang baru mau 8 bulan...

Cheers,

RY

valuing music project said...

dear mas Ismurizal Yara yang baik,

senangnya usia anaknya sudah 8 bulan, lagi mulai dan tengah lucu-lucunya tuh ya :)

tentang beberapa lagu yang ada di blog ini, saya akan berikan linknya agar mas bisa download. Nah, bisa juga kalau memang tertarik cdnya bisa kami buatkan gandanya untuk mas.

boleh minta alamat mas Ismurizal?

Terimakasih banyak atas atensinya pada blog ini ya... Stay in touch dengan blog ini ya, mas. Mungkin nanti ada artikel-artikel yang bermanfaat buat mas dan keluarga seputar topik musik.

Warmest regards,

-adoy-